Mukena Batik Jember Mulai Diminati Warga


Mukena Batik Jember Mulai Diminati Warga

“ Oleh Zumrotun Solichah ”

Antara Jatim.com
Jember - Kain batik ternyata tidak hanya digunakan sebagai bahan pakaian, perajin batik di Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember, Jawa Timur mulai memasarkan mukena batik, ternyata laku di pasaran lokal dan luar kabupaten Jember.

"Banyak warga yang mulai memesan mukena batik sebagai rasa kecintaannya terhadap budaya Indonesia," kata perajin batik asal Desa Sumberpakem, Kecamatan Sumberjambe, Sri Astuti, Kamis.

Menurut dia, awalnya membuat ide membuat mukena dan sajadah dari kain batik berasal dari salah seorang konsumen yang mencoba memesan mukena dari batik.

"Setelah satu pesanan mukena jadi, banyak orang yang mulai tertarik dengan mukena batik tersebut, sehingga pesanan mukena dan sajadah batik terus mengalir," katanya.

Ia mengaku hanya membuat perlengkapan shalat dari batik sesuai pesanan karena keterbatasan modal dan corak atau motifnya disesuaikan dengan keinginan konsumen.

"Banyak konsumen yang ingin mengenakan mukena batik yang bergambar daun tembakau karena tembakau merupakan corak khas batik Jember," katanya.

Beberapa butik pakaian muslim di Jember, kata dia, juga berencana memesan mukena batik dengan jumlah yang banyak, namun pihaknya belum sanggup karena banyaknya pesanan kain batik pada bulan Oktober ini.

"Kami masih kewalahan untuk menyelesaikan pesanan batik dari sejumlah perusahaan swasta dan instansi pemkab sehingga masih memproduksi mukena batik dengan jumlah terbatas," katanya.

Ia mengemukakan, industri batik yang dikelola dengan suaminya mencoba mencari ide baru untuk mengembangkan batik di Jember dan tidak hanya digunakan untuk pakaian saja.

"Kami mempunyai angan-angan untuk membuat sejumlah kerajinan tangan khas Jember dengan bahan kain batik, namun hal itu merupakan program jangka panjang kami," katanya.

Ia menjelaskan, pihaknya tetap mempertahankan kualitas batik sehingga tidak bisa cepat menerima pesanan karena hampir semua konsumen memesan batik tulis yang membutuhkan waktu beberapa hari untuk menyelesaikannya.

"Proses batik tulis lebih lama dibandingkan batik cap yang harganya lebih murah dibandingkan harga batik tulis," katanya.

apakah itu seni

SENI DAN APAKAH ITU SENI? Berbicara tentang pengertian seni, mungkin kita akan merasa sedikit bingung, karena terlalu banyak ahli yang mengartikan persoalan seni. Belum ada kesepakatan yang jelas mengenainya, karena tinjauan yang dipakai berbeda-beda. Sejauh ini, dari berbagai pernyataan tentang seni mengarah pada persoalan kesanggupan akal manusia baik berupa kegiatan rohani maupun fisik untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai artistik(luar biasa), menggugah perasaan orang lain. Namun ada beberapa pengertian seni yang bisa kita jadikan sebagai acuan dalam mempelajari Seni itu sendiri. Yang pertama seni dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang dilakukan oleh orang bukan atas dorongan kebutuhan pokoknya, melainkan adalah apa saja yang dilakukan semata-mata karena kehendak akan kemewahan, kenikmatan ataupun karena dorongan spiritual (Everyman Encyclopedia). Kedua, seni adalah segala perbuatan manusia yang timbul dari hidup perasaannya dan bersifat indah, sehingga dapat menggerakan jiwa perasaan manusia (dalam karya Ki Hajar Dewantara, bagian pertama: Pendidikan, Majelis luhur persatuan Taman Siswa, Yogyakarta,1962). Tiga Seni merupakan kegiatan rohani manusia yang merefleksikan realitet (kenyataan) dalam suatau karya yang berkat bentuk dan isinya mempunyai daya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam alam rohani penerimanya (Akhidiyat Karta Mihaja,” Seni dalam pembinaan Kepribadian Nasional). Empat Seni merupakan alat buatan manusia untuk menimbulkan efek-efek psikologis atas manusia lain yang melihatnya ( Thomas Munro,Evolution in the Art, The Cleveland Museum of Art, Cleveland,1963). Sedangkan seorang pelukis asal Indonesia S, Sudjojono mengatakan, seni adalah jiwo kethok. Enam Seni adalah karya manusia yang mengkominikasikan pengalaman-pengalaman batinnya; pengalaman batin tersebut disajikan secara indah atau menarik sehingga merangsang timbulnya pengalaman batin pula pada manusia lain yang menghayatinya. Kelahirannya tidak didorong oleh hasrat memenuhi kebutuhan pokok, melainkan merupakan usaha melengkapi dan menyempurnakan derajat kemanusiannya memenuhi kebutuhan yang sifatnya spiritual (Soedarso Sp). Tujuh seni adalah sebagai transmission 0of feeling (Leo Tolstoy, What is Art?, Bob Merrill, Indiana polis , New york,1960). Delapan Seni merupakan imitasi atau realita tiruan dari alam/ilahi; Sembilan seni lahir dilatarbelakangi adanya dorongan bermain-main (play impuls) yang ada dalam diri seniman (dikembangkan dari teori permainan oleh Frederich Schiller & Herbert Spencer). Dari berbagai pengertian tentang seni tersebut, kita bisa memilih salah satu arti seni dan menyimpulkan apa pengertian seni yang sebenarnya sebagai pedoman dan dalam proses penciptaan karya seni dan guna memahami arti seni. Tentunya hal itu tidak terlepas dari pengetahuan kita tentang seni sebelumnya. Hamka Agung Balya

mencari jati diri

mencari jati diri
aclyric on canvas. 150 x 100 cm.

ledakan jiwa

ledakan jiwa
aclyric on canvas. 200 x 150 cm.

kra'motak

kra'motak
media: campuran. 20x30cm.

iblis budaya

iblis budaya
aclyric on canvas. 50x40cm.

generasi terbelenggu

generasi terbelenggu
acllyric on canvas. 130x100cm.

nyanyian kaum urban

nyanyian kaum urban
acliric on canvas. 200 x 150 cm
Loading...

my profil

Foto saya
jember, jawa timur, Indonesia
aku adalah aku, bukan kamu!